Cara mencegah gusi bengkak dan solusi obatnya.

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari, aktifitas tidak terlepas dari kegiatan makan dan minum. Mulut adalah organ tubuh yang harus kita jaga dan kita syukuri, karena merupakan rezeki dari Allah. Dalam aktifitas makan atau minum jika mulut kita tidak sehat rasanya kurang nikmat dalam melakukan aktifitas makan dan minum, terutama adalah bagian gusi. Dikarenakan gusi adalah komponen yg terpenting pada mulut, untuk menopang gigi, dimana sebagai alat mengunyah makanan. Apa jadinya jika gusi kita mengalami bengkak, sangat tidak nyaman untuk makan dan minum.

Faktor penyebab dari gusi bengkak sendiri, bisa didapat beberapa faktor. Ada beberapa gejala yg dialami gusi bengkak, radang gusi, kurang vitamin C, kehamilan dan minuman beralkohol, bisa juga karena bakteri yang di akibatkan oleh Plak gigi. Oleh karena dari itu, kita seharusnya menghindari faktor penyebab dari gusi bengkak ini sendiri. Selain itu, kita juga perlu mengetahui berbagai macam obat untuk mengatasi gusi bengkak anda.
Berikut ini adalah beberapa obat gusi bengkak medis dan tradisional serta pencegahannya yang bisa anda gunakan.

Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional:

1. Menggunakan obat kumur
Larutan dalam obat kumur berfungsi menghilangkan serta membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Anda bisa menambahkan sedikit larutan garam pada obat kumur anda. lalu gunakan untuk berkumur. Hal ini sangat efektif untuk membantu anda dalam mengatasi gusi bengkak anda.

2. Menggunakan obat penghilang rasa sakit
Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit akibta gusi bengak. Hal ini tentu akan lebih efektif meredakan rasa nyeri anda. macam-macam obat penghilang rasa sakit yang bisa anda coba gunakan adalah ibuprofen, metampiron, asam mefenamat, dan lain-lain.

3. Antobiotik
Ini juga bisa anda gunakan sebagai salah satu langkah efektif untuk mengatasi gusi bengkak secara medis. Antibiotic memang dikenal sebagai zat yang bisa membunuh kuman yang bisa menyebabkan infeksi bakteri serta jamur pada gigi. Akan tetapi, penggunaan antibiotik ini sendiri harus dilakukan dengan resep dokter

4. Bayam Duri
Selain menggunakan cara medis berupa obat penghilang rasa sakit, antibiotik, hingga obat kumur, anda juga bisa menggunakan cara tradisional seperti menggunakan bayam duri. Anda bisa menjadikannya salep untuk gusi anda dengan cara membakar bayam duri ini,lalu ditumbuk hingga halus.

5. Gambir
Anda juga bisa membuat obat kumur antiseptic alami untuk mengatasi gusi bengkak anda. caranya hanya dengan mengiris tipis-tipis gambir yang telah dibersihkan.setelah itu, anda bisa merebusnya bersama dengan empu kunyit.setalh air rebusannya menjadi agak hangat, anda bisa menggunakannya untuk berkumur.

6. Asam Jawa
Biji asam jawa juga termasuk kedalam bahan alami yang bisa mengobati gusi bengkak akibat karang gigi yang menumpuk. anda bisa menyangrai biji asam jawa, biji asam jawa yang telah disangrai tadi, anda tumbuk hingga halus. Setelah itu, anda bisa menggosokannya ke bagian gigi yang terkena karang menggunakan kain ataupun sikat gigi.

Bagaiman cara untuk mencegah supaya gusi tidak bengkak

Untuk mencegah gusi bengkak banyak sekali caranya. Dianjurkan untuk menggosok gigi saat akan menjelang tidur atau setelah bangun dari tidur. Sangat dianjurkan memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali. Disarankan, mengkonsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin C serta kalsium dikarenakan akan efektif membantu mencegah gusi bengkak.

Demikianlah macam macam obat untuk mengobati gusi yang bengkak baik secara medis maupun secara tradisional atau herbal dan disertai cara pencegahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *